Relief art, Water color painting, Lino art.

by - Monday, February 01, 2016

Hello, how are you guys? So hari ini Revita nk share 3 artworks Revita masa kelas dgn mdm hasnah, 
apa2 je? Revita nk share ttg Relief art, water color painting and satu lg lino art.
Relief art itu apa sih?iasa nya di
haaaaa, baca ni dibawah. 
"Seni relief dapat juga disebut dengan seni ukir. Seni ukir merupakan karya seni rupa yang memiliki dimensi antar dua dimensi dan tiga dimensi. Hal ini disebabkan karena bentuk dari ukiran memiliki ketebalan atau timbul. Hanya saja karya seni relief tidak dapat dinikmati dari segala sisi atau hanya dapat dinikmati dari sisi depan saja. Bahan yang diperlukan dalam berkarya seni relief, seperti kayu, batu, pasir + semen, logam, gifsun, dll. Teknik berkarya seni relief adalah dengan cara dipahat mengikuti pola motif hias yang telah digambar pada permukaan bahan."

So, kalimat di atas Revita copy dr salah satu website yg menjelaskn ttgg seni Relief, jd Relief ni di ukir tp kali ini kita ga ngukir di suatu media tp kita buat menggunakan media yaitu styrofoam, haaaa?

kita ga ngukir karena ga memungkinkan untuk kita ngukir di gabus, kan lembut. mana bisa ngukir. 
So ini foto karya kita itu, waktu itu Revita group dgn Hafiidh, kita buat dgn warna emass, konsep kita floral but ada unsur minimalis gitu. 
Iya itu foto original, tangan gemuk tu kan tgn Revita, hahahah, dgnlengan baju kurung bunga2 tu kan, hahhahaha. jd bagian bawah itu yg concep nyo floral, nyadar ga sih kalo bentu nya itu kayah pucuk paku (pakis) 
yg baru muncul, kann?  yes itu terinspirasi dr paku, hahaha. Ini assg apa sih? oh i remember Visual Research dgn mdm Hasnah. 

Yg kedua adalah seni lukis menggunakan water color, teknik wet on dry, siapa sih yg ga tau water color, cat air, iya cat air. hahahaha, pengertian nya secara detail ada dibawah.


"Seni lukis merupakan salah satu jenis seni rupa yang berbentuk dua dimensi. Karya seni lukis yang disebut dengan lukisan hanya dapat dinikmati dari arah depan atau permukaan lukisan. Umumnya bahan yang diperlukan dalam berkarya lukisan, yaitu kertas dengan pensil, pastel, cat air, atau tinta; dan kanvas dengan cat minyak atau cat akrilik. Visualisasi dalam berkarya lukisan tidak dapat terlepas dari teknik berkarya, seperti teknik Hatching, Impasto, Sfumato, Chiaroscuro, dll. Selain mempertimbangkan teknik berkarya, para pelukis juga tidak dapat dipisahkan dengan aliran-aliran seni lukis sesuai dengan kecendrungan ekspresi dari para pelukis, seperti aliran realis, naturalis, ekspresionis, impresionis, surealis, abstraktis, dll."


nah itu dia Pengertian nya, ini lah tugas revita waktu itu.

Yes, ini pun asli Revita punya, tu liat tu jari Revita yg gemuk itu, hahahha.
concept nya pemandangan biasa,teknik wet on dry, yaitu basah di atas kering. 
itu aja udah. 

Yg terakhir adalah Lino Art  atau LinoCut (dibaca laino bukan lino) hahhaha. 
Apa itu lino art, haaa baca ni di bawah.. 

"Teknik ini adalah aplikasi dari teknik cetak tinggi (relief print) yang memakai tahapan proses yang tidak berbeda dengan proses yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Perbedaannya ialah penggunaan warna yang banyak. Jika teknik cetak tinggi pada umumnya memakai satu warna (monokromatik) seperti karyanya Suromo Darposawego pada gambar 2.2, teknik reduksi ini memakai banyak warna (polikromatik)."

nah itudia pengertian nya, susah kan? simple aja lah, jd lino art ini seni ukir di atas rubber gitu, rubber nya disebut linoboard biasa nya dijual di tokoh2 alat2 seni gitu, dibuat mengunnakn pisau cungkil, nah ini pisau2 nya

Terus kalo udah selesai di ukir di roll pake tinta gtu, yg di ukir itu kan cetakan nya kan, yg sebenarnya yaitu hasil tinta nya nnti. menggunakan roll kayak mau ngecat itu loh tp pake tinta, terus cetak deh ke kertas, nah ini karya revita itu, simple aja ga cantik2 bgt, 


Udah itu aja yg Revita mau share, byeee..





You May Also Like

0 comments